Agar Tidak Mengalami Kerugian, Terapkan Sistem Manajemen Gudang di Gudang Anda

Manajemen gudang adalah hal yang sangat penting dalam kelangsungan bisnis sebab gudang berkaitan dengan penjualan. Manajemen yang buruk akan mengakibatkan barang-barang yang berada di rak gudang tidak sesuai dengan penjualan dan berakibat pada kerugian. Di sinilah pentingnya manajemen pengaturan gudang, baik dari pemilik bisnis maupun pekerjanya. Apalagi jika menjalankan bisnis ritel yang memiliki banyak item untuk disimpan. Jika tidak cermat, maka bisnis tersebut akan mengalami kerugian skala besar.

Bagi Anda yang memiliki bisnis penyimpanan gudang, terutama stok barang ritel, jangan menyepelekan manajemen gudang karena akan berpengaruh pada sistem penjualan barang di rak gudang. Berikut ini adalah cara-cara efektif untuk membangun manajemen gudang yang baik:

– Membuat jadwal persediaan
Buatlah jadwal pembelian terhadap produsen barang sehingga memudahkan Anda dalam melakukan forecasting dan lain-lain. Forecasting adalah pengaturan barang yang berada di rak gudang untuk memastikan barang-barang tersebut tetap berada di tempatnya atau tidak mengalami selisih dengan penjualan.

– Melakukan budgeting persediaan
Setelah mendapatkan jadwal persediaan dengan para supplier, Anda dapat menghitung biaya yang telah dihabiskan. Beberapa mungkin bertanya mengapa budgeting tidak dilakukan di awal agar lebih mudah menghitung. Jawabannya adalah jika diletakkan di awal, maka tidak akan sesuai dengan kebutuhan di pasar.

– Kenali karakter barang yang disimpan
Sebagai pemilik bisnis ritel yang menyimpan berbagai jenis barang, Anda harus tahu cara menyimpan stok yang benar sesuai karakter barang tersebut. Sebagai contoh adalah barang yang dijual memiliki nilai yang berharga namun ukurannya kecil. Maka lebih baik diletakkan di tempat yang mudah terlihat agar dapat terus dipantau.

– Mengatur tata letak dengan rapi
Selain mengenali karakter barang, Anda juga harus mampu mengatur tampilan gudang. Hal ini sangat penting bagi Anda yang memiliki bisnis ritel yang barang-barangnya memiliki masa kadaluarsa. Untuk memudahkan pengecekan, Anda harus mengatur agar produk yang keluar dari gudang adalah produk dengan kadaluarsa yang paling awal. Tata letak yang rapi juga akan memberikan keuntungan efisiensi waktu pencarian barang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *