Keuntungan Akses Internet Bagi Daerah Pelosok

Internet pelosok kini menjadi program yang cukup gencar dilakukan. Indonesia memiliki wilayah yang sangat luas, tetapi sayangnya jaringan komunikasi belum mencakup seluruh wilayah. Masih banyak wilayah pelosok yang belum memiliki akses internet, sehingga dapat dikatakan daerah tertinggal. Daerah pelosok yang belum memiliki akses internet biasanya terhambat oleh infrastruktur yang masih sulit dilewati. Sementara untuk membangun titik komunikasi membutuhkan transportasi dan peralatan yang cukup banyak. Oleh karena itu, pemerintah mulai berbenah dan bekerja sama dengan berbagai pihak agar daerahnya tidak tertinggal informasi temukan ini.

Mungkin ada pertanyaan mengapa warga pelosok memerlukan internet? Bukankah tidak ada yang bisa digali dari daerah tersebut? Bukankah daerah itu cukup sulit dijangkau?

Hilangkan pola pikir seperti itu. Kita tidak pernah tahu potensi apa yang dimiliki daerah pelosok jika tidak pernah menggalinya. Nyatanya daerah pelosok lain yang memiliki akses internet mulai menunjukkan geliat perekonomian yang baik. Banyak daerah mulai membuka alternatif wisata dengan spot foto yang diinginkan oleh masyarakat kota. Internet memberikan informasi baru bahwa pengguna media sosial mencari tempat pariwisata dengan latar belakang yang unik dan menarik untuk diunggah ke media sosial. Di sini, internet juga mampu menjadi media promosi dengan jangkauan yang sangat luas dalam waktu singkat. Tanpa adanya internet, mereka tidak akan tahu bahwa daerah tersebut memiliki potensi yang dapat digali. Bahkan biasanya tempat wisata semacam itu mampu menarik wisatawan lokal dan mancanegara.

Tidak hanya dari sektor pariwisata, manfaat internet juga dirasakan oleh petani dan pemilik perkebunan dalam pengembangan tanaman mereka. Hadirnya internet mampu memberi informasi dan pengetahuan baru mengenai bibit unggul, pupuk yang baik, dan variasi cara bercocok tanam yang baru. Jika sebelumnya mereka menanam tanpa mengenal cuaca, maka kini mereka mampu mengenali cuaca untuk menanam tanaman yang sesuai dengan cuaca tersebut. Dengan begitu, lahan tidak menganggur, produksi tetap berjalan bahkan memiliki variasi dengan kualitas yang lebih baik. Inilah manfaat yang didapat jika internet mampu menjangkau hingga daerah pelosok. Siapa tahu jika daerah tersebut memiliki potensi yang cukup besar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *